24 Agustus 2013

Pertanyaan yang Sering Diajukan Pembeli Sebelum Berbelanja di Toko Online

Internet merupakan media yang sangat populer dikalangan bisnin onlshop, internet juga memungkinkan untuk bertransaksi dengan cara menghemat waktu, tenaga dan uang. Disatu sisi bisnis online memudahkan transaksi sebab tidak perlu saling bertatap muka. Namun di sisi lain, tidak adanya pertemuan antara pembeli dan penjual ini membuat bisnis online penuh risiko, antara lain risiko penipuan. Kekhawatiran akan penipuan ini cenderung lebih dirasakan oleh pembeli, tidak heran jika pembeli sebelum membeli suatu produk memiliki beberapa macam pertanyaan yang terkait dengan produk yang hendak dibeli dari toko online.

1. Produk baru atau produk lama sista,

Pertanyaan ini sering ditunjukan kepada penjual yang menjual suatu produk pakaian, terutama customer yang menayakan produk baru atau produk lama seperti penjual pakaian khususnya busana muslim.
2. Ada, warna atau varian lain, sis ?

Pertanyaan ini sangat sering muncul dari pembeli terutama customer baru misalnya sering bertanya pakaian yang dijual di toko online memiliki warna lain di luar yang ditampilkan dalam foto. Agar penjual tidak repot menjawab pertanyaan semacam ini, ada baiknya foto semua warna atau varian produk ditampilkan di toko online.


3. Tolong jelaskan spesifikasinya, dong !

Pembeli sering bertanya spesifikasi atau detail suatu produk, misalnya produk pakaian busana muslim contohnya : bahan, diskon, harga sampai size pack suatu busana muslim tersebut

4. Harga pas, nih !

Meski beberapa toko online mematok harga pas alias tidak bisa ditawar lagi, banyak penjual yang sering memberikan kesempatan tawar-menawar dengan pembeli, terutama saat penjual berjualan di situs jual-beli online. Cantumkanlah keterangan apakah harga yang dipatok memang sudah tidak bisa ditawar lagi.

5. Bisa Ditukar ?

Pembeli sering menanyakan jika barang yang sudah dibeli bisa diretur jika tidak sesuai dari segi ukuran, warna atau bahan, pertanyaan semacam ini sering dilontarkan ke penjual online pakaian.

Sekian artikel dari saya semoga bermanfaat bagi para pembaca dan menambah pengetahuan dalam dunia bisnis online.

Penulis,

Firdayanti