20 Oktober 2014

Mengenal Berbagai Macam Bahan Spandek

Hai sahabat Rumahmadani,
http://store.rumahmadani.com/category/manet/
Kini kita akan membahas mengenai bahan-bahan baju khususnya busana muslim, karena akhir-akhir ini banyak sekali busana muslim berbahan spandek, spandek lycra, spandek kaos serta katun rayon. Pasti anda sulit untuk membedakannya bukan ?
Berikut adalah cara-cara membedakannya :

1. Spandek 
 Bahan spandek adalah bahan kaos lembut, terbuat dari serat sintetis yang sangat elastis. Walaupun terbuat dari serat sintetis, bahan spandek sangat adem dan berdaya derap tinggi.Berbagai keunggulan bahan spandek tersebut membuatnya sangat cocok untuk digunakan beraktivitas sehari-hari. Akan tetapi, kalau Anda mengenakan hijab perlu sedikit berhati-hati ketika memakai baju dari bahan spandek. Sebaiknya pilih model yang lebar atau longgar karena bahan spandek menempel mengikuti lekuk tubuh atau memperlihatkan garis pakaian dalam Anda.

2. Spandek Lycra
Lycra sebenarnya adalah nama untuk bahan spandek. Namun dalam tulisan ini lycra yang dimaksud adalah bahan spandek yang memiliki tekstur licin yang bisa digunakan untuk bahan pakaian senam atau olahraga lain. Banyak online shop menyebut bahan ini sebagai bahan spandek korea. Teksturnya halus, licin dengan tampilan sedikit berkilau seperti satin. Kurang menyerap keringat tetapi bahannya ringan dan jatuh sehingga sangat baik dalam mempertahankan bentuk dari model bajunya.

3. Spandek Kaos 
Selain dapat dicampur dengan bahan rayon, spandek juga bisa dicampur dengan bahan kaos. Oleh karena bahan dasar kaos adalah katun, campuran spandek dan kaos akan mengurangi elastisitas spandek. Tetap nyaman digunakan sehari-hari walau teksturnya tidak sehalus spandek atau spandek rayon.

4. Katun Rayon 
Teksturnya sedikit licin dan jatuh, Bahan terasa dingin (adem) dan mudah menyerap keringat sehingga nyaman dipakai di berbagai kondisi cuaca. Tetapi, katun rayon juga mudah kusut. 




Irma