28 September 2013

Memadupadankan Busana Kerja

Wanita karir umumnya menginginkan busana muslim yang sekaligus busana kerja yang dapat mendukung penampilan untuk merepresentasikan kepribadian sekaligus profesionalitas dalam bekerja. Selain memperhatikan unsur kenyamanan, memilih baju muslim untuk wanita karir juga sebaiknya untuk mencerminkan rasa percaya diri pemakainya, namun tetap harus memperhatikan aturan baku agar busana yang dikenakan selama bekerja tetap berkesan formal dan sopan.
Pada umumnya busana kerja di kantor mengenakan pakaian dengan gaya formal, seperti kemeja berkerah yang dipadukan dengan rok selutut atau celana kain, atau setelan three pieces berupa jas atau blazer, kemeja dalaman, dan rok selutut atau celana kain. Kenakan blazer atau kemeja yang memiliki model yang pas badan, untuk memunculkan kesan lebih ramping. Kenakan sepatu berhak antara 3-5 cm, dengan bagian jari tertutup.
Perhatikan juga warna dan motif dalam memilih baju untuk wanita karir. Pilih busana berwarna lembut dan netral untuk menampilkan kesan formal, seperti khaki, coklat tua, krem, broken white, abu-abu, biru tua, atau hitam. Hindari warna-warna yang menyolok seperti emas, perak, merah menyala, atau kuning. Sesuaikan juga warna busana dengan warna kulit. Jika kulit anda gelap, sebaiknya hindari warna kusam agar penampilan tidak kusam. Sebaliknya jika kulit anda cerah, hindari warna pucat, karena pancaran kecantikan Anda akan meredup.
Dalam memadupadankan warna busana, gunakan busana bagian bawah (rok atau celana panjang) dengan warna atau motif yang lebih gelap atau lebih berat. Walaupun busana kerja biasanya menggunakan warna dan motif yang berkesan formal, Anda juga bisa menampilkan gaya yang lebih trendi. dengan memilih busana dengan aksen-aksen kecil, seperti kemeja bermotif garis-garis.
Dalam memilih baju untuk wanita karir, hindari jenis pakaian yang tidak pantas untuk dikenakan di kantor, seperti kaos oblong, kaus tanpa lengan, celana pendek, pakaian yang bermotif terlalu menyolok, serta mengenakan sandal. Demikian juga untuk aksesori, jangan kenakan aksesori yang berwarna cerah, berukuran terlalu besar, atau bermotif ramai. Pilih perhiasan yang kecil dan klasik, misalnya giwang kecil atau seuntai kalung tipis, yang tidak akan mengganggu konsentrasi orang yang berbicara dengan Anda.

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga dengan kita dapat memilih busana kerja yang tepat semakin menambah kecintaan kita terhadap pekerjaan kita.
Terimakasih
-eka-