21 September 2013

Manfaat Ciput Dalam Berhijab


Berikut ini adalah beberapa manfaat ciput :
  1. Sebagai pendukung kerapian kerudung.
Ciput mampu membuat kerudung diam di tempat, tidak bergeser karena licinnya rambut. Selain itu, ciput mencegah ujung-ujung rambut mencuat dari sela-sela tenunan bahan kerudung sehingga berkesan tidak rapi.

 2.  Sebagai pembentuk siluet kepala

Ciput Sanggul atau Ciput Cepol, baik yang Ninja maupun yang standar, bertujuan untuk membuat sumpalan di bagian belakang kepala sehingga Anda yang berambut pendekpun tetap dapat tampil bagus kerudungnya. Jadi, bukan saja terlihat bagus di depan, tapi secara keseluruhan enak dipandang. Hanya perlu diingat bahwa sanggul ini tidak dibuat meninggi, tapi cukup sejajar garis kepala teratas.


3. Sebagai koreksi bentuk wajah
  • Untuk wajah bulat, bisa digunakan ciput pet sehingga bisa membentuk garis wajah lebih panjang karena dahi terkesan lebih tinggi, dan pilih jahitan ciput ninja dengan belahan muka yang tinggi sehingga bisa untuk menutupi bagian pipi yang tembam. 
  • Untuk wajah panjang, yang paling sesuai adalah ciput tanpa pet, dan dianjurkan memilih warna yang kontras dengan kerudung sehingga bisa ‘memotong’ garis wajah jadi berkesan lebih pendek. 
  • Untuk wajah persegi yang sesuai adalah ciput dengan potongan atau belahan muka yang tinggi sama seperti untuk wajah bulat, sehingga bisa menutupi garis rahang yang ‘keras’ 
  • Untuk wajah tirus adalah ciput tanpa pet, tetapi pilih yang warnanya kontras dengan kerudung dan pilih yang belahan mukanya agak lebar sehingga bisa menampilkan bagian pipi lebih terbuka untuk mengimbangi bagian dahi yang biasanya memiliki rentang yang lebih dari bagian pipi
4. Menyehatkan kulit kepala

Ciput ternyata juga menyehatkan kulit kepala, asalkan terbuat dari bahan yang menyerap keringat, seperti katun. Katun mampu menyerap keringat sehingga kelembaban kulit kepala terjaga, tidak menimbulkan ketombe, dan tetap nyaman. Ciput jenis katun sangat dianjurkan untuk dipakai sebagai dalaman kerudung instan dari bahan jersey, kerudung segiempat dan selendang dari bahan satin.

Semoga tulisan sederhana ini bermnafaat bagi para pembaca terutama wanita, untuk menambah pengetahuan tentang manfaat ciput dalam, berhijab.

Penulis,
Firda