30 Juli 2013

Tips Memilih dan Merawat Mukena dengan Baik


Lebaran hanya  tinggal menghitung hari. Hari demi hari kita lewati dengan berjuang melawan emosi dan hawa napsu yang begitu besar, sehingga tentunya kita menginginkan suatu kemenangan di hari yang suci itu yaitu Hari Raya I’dul Fitri. Untuk menunjang dan menunjukan rasa bersyukur atas semua kemenangan di hari tersebut, alangkah baiknya kita sebagai umat muslim, setidaknya berpakaian yang suci dan tidak harus baru, yang lama pun tidak mengapa jika masih suci dan bersih.

Namun, jika kita mampu membeli busana muslim yang baru, kenapa tidak ? Tidak hanya busana muslim yang penting dalam Hari Raya I’dul Fitri. Mukena, ya , karena mukena akan dipakai saat sholat pada Hari Raya I’dul Fitri. Kita tentunya memerluka jenis mukena yang nyaman dipakai dan juga bagus, karena kita menghadap Sang Khaliq. Mukena yang nyaman dan bagus digunakan saat shalat pada Hari Raya I’dul Fitri yaitu mukena yang dapat menyerap keringat dan tidak mermbuat panas saat digunakan.


Pemilihan warna pun menjadi salah satu hal yang terpenting. Putih, merupakan lambang kesucian, namun di dalam mukena warna putih juga bisa tersaingi dengan warna-warna seperti pink, coklat maupun kuning. Hal tersebut sudah biasa , karena untuk menentukan sebuah warna adalah tergantung selera masing-masing orang.

Untuk merawatnya pun sangat mudah sehingga kita tidak perlu repot untuk menjaganya selalu agar tetap awet dan harum. Dan dengan bahan yang tebal namun nyaman digunakan, serta mukena ini dapat digunakan secara terus menerus sehingga awet untuk tahun-tahun berikutnya.

Dan Tips mencuci : Mukena bahan kain ini tidak mudah rusak walau direndam dengan detergen dalam waktu yang lama akan tetetapi muslimah jangan lupa, merendam pakaian dalam ditergen terlalu lama bisa menimbulkan bau tidak sedap loh.

Tips mengeringkan : Jenis Mukena ini juga sebaiknya tidak dijemur dibawah matahari langsung. Akan tetapi jenis kain ini dapat dikeringkan menggunakan mesin pengering karena kain yang berbahan spandeks sutra ini sulit merengang

Tips Menyetrika : Untuk menyetrika bahan Mukena super ini, sebaiknya menggunakan low medium temperature karena bahan mengandung polyster yang menyerap panas cukup baik.


Ernawati