30 Juli 2013

Asal Muasal Baju Koko dengan Syariat Islam


Rumah Madani - Baju muslim merupakan salah satu jenis busana yang sangat banyak diminati dan cukup dinamis perkembangannya, dalam arti model serta desain yang ditawarkan. Anda para wanita muslimah yang ingin tampil cantik dalam balutan busana muslim yang sesuai syar’I, tidak perlu bingung karena di sini menawarkan aneka model baju muslim untuk wanita, pria maupun anak anak dengan desain yang modern.

Memang ketentuan syariah adalah pertimbangan yang utama bagi seorang muslim dalam memilih busana, namun factor-factor lain seperti pilihan baju muslim yang nyaman dan enak dikenakan serta sesuai dengan perkembangan jaman atau minimal tidak ketinggalan jaman. Maka, untuk Rumah Madani ini banyak menyediakan busana-busana yang akan membuat Anda nyaman menggunakannya serta tampil lebih percaya diri, selain yang disebutkan di atas.
Busana muslim untuk pria yang paling popular di tengah masyarakat kita adalah baju koko. Istilah baju koko itu sendiri sebenarnya berasal dari negeri China dimana jenis busana ini merupakan pakaian adat dari salah satu suku di Cina dan dalam perkembangannya menjadi pakaian yang umum dikenakan oleh masyarakat Tionghoa. Baju koko sendiri kini identik sebagai busana muslim untuk pria yang sangat digemari, baik itu yang berbahan kain batik maupun kain yang lainnya.

Namun, untuk saat ini di peradaban Indonesia baju koko itu belum menjadi trend. Karena tidak seperti di Negara Arab yang kebanyakan para pria menjadikan baju koko itu adalah baju yang wajib digunakan sehari-hari. Dalam kegiatan kerja maupun luar kerja mereka selalu menggunakannya. Namun di Indonesia ini yang notabennya sebagai Negara berkembang, malah menyukai busana-busana barat yang cenderung modis dan (kurang) dalam syari’at islam sesungguhnya.

Maka dari itu, tentunya kita sebagai umat muslim. Harusnya mengembangkan tradisi yang baik dan sesuai syari’at islam dengan menggunakan busana koko yang minimal digunakan saat beribadah. Toh kualitas dan desainnya tidak kalah menarik dan trendy dengan busana-busana saat ini.



Ernawati