24 Desember 2011

APPMI Suguhkan Rancangan Busana Muslim

Di hari ketiga (14/11) perhelatan akbar dunia fesyen di Jakarta Fashion Week (JFW) 2012 disemarakan dengan rancangan busana muslim yang memikat. Dari 8 rangkaian acara yang ditampilkan, dua diantaranya menampilkan peragaan busana muslim yang kesemuanya berasal dari perancang yang tergabung dalam Asosiasi Perancang dan Pengusaha Model Indonesia (APPMI).
Busana yang ditampilkan pada hari itu adalah rancangan dari Dian Pelangi, Hannie Hananto, Herman Nuary, Iva Lativah, Jeny Tjahwati, Merry Pramono, Monika Jufry, dan Tuty Aib. Mereka masing-masing menampilkan 6 busana penuh inspirasi yang akan menjadi tren busana muslim tahun mendatang. Peragaan hasil rancangan mereka dikemas dalam show yang bertajuk ‘BRI Present APPMI”.
Usai peragaan ke 8 desainer di segmen pertama, APPMI  melanjutkan peragaan busana muslimnya disegmen kedua. Kali ini rancangan modern dan mewah namun masih mengedepankan sisi muslimah dipersembahkan oleh Adhy & Alie, Idha Royani, Irma Mutiara, Lia Afif, Najua Yanti, Nieta Hidayani, Nuniek Mawardi, dan Yessie Riscowaty. Total keseluruhan busana yang ditampilkan sebanyak 48 busana muslim dalam  pilihan penuh gaya.
Tema dan inspirasi yang digunakan para desainer berbeda-beda dalam rancangannya antara satu dengan yang lain. Dian pelangi salah satu contohnya. Desainer yang terkenal lewat kain jumputan palembang, pada Jakarta Fashion Week (JFW) 2012 mengambil tema Russkaya Raduga (Pelangi dari Rusia) dalam rancangannya. Sedangkan untuk inspirasinya, dalam keterangan tertulis kepada pers, Dian Pelangi menyebutkan cobalt blue, merah, Turqoise, hitam, aksesoris silver, Ruffles, lipit, rok lebar, celana kerut, blouse kerut, girly, topi rusia dan detail pom pom sebagai inspirasi.
Berbeda dengan Dian Pelangi, Lia Afif mengambil tema Burning in the Dazzle pada rancangannya. Sedangkan untuk inspirasi, Nyala api biru yang memiliki sisi kelembutan dan kemilau pada warnanya digunakan sebagai sumbernya.
Selain peragaan busana muslim, di hari ketiga Jakarta Fashion Week (JFW) 2012 juga menampilkan persembahan terbaru rancangan Agnes Budhisurya sebanyak 48 rancangan yang penuh dengan keanggunan dan kelembutan warna.
Yasra Kebaya dengan dengan koleksi kebaya modifikasi, Kampanye Yayasan Jantung Indonesia berkolaborasi dengan Sebastian Gunawan juga mengisi acara pada hari itu. Acara ditutup dengan kolaborasi unik ‘British Council present A Collaboration of Justin Smith & Oscar Lawalata‘.