29 Juni 2013

Busana Muslim Koko Dari Masa Ke Masa

Busana Muslim Setiap menjelang Idul Fitri, baju koko adalah salah satu busana pria yang paling banyak dicari. Mulai dari koko berlengan panjang maupun berlengan pendek. Kini baju koko tidak lagi terlihat tua maupun corak yang itu-itu saja, tapi kini sudah semakin inovatif dengan tampilan-tampilan yang fresh dan trendy. Sehingga baik anak-anak, muda, sampai tua tidak segan memakai baju koko.

Semua pria bisa memakainya. Kesempatannya pun tak melulu untuk melaksanakan segala aktifitas yg berhubungan dgn ibadah. Ada pilihan beragam yg bisa dipakai untuk segala kesempatan. Sedikit saya mendapatkan informasi tentang sejarah munculnya baju koko bahwa baju koko sebenarnya adalah baju yg dibawa oleh para pedagang muslim tionghoa ke indonesia. Dan kalau dicermati, kata koko itu artinya dalam bahasa china adalah paman. Tapi ada juga baju yg mirip dengan baju koko tapi panjangnya sampai paha dari pakistan, yg panjangnya sampai lutut dari india, dan sampai mata kaki dari arab saudi.

Oleh sebab itu dalam perkembangannya baju koko dengan model baju muslim terbaru telah dimasuki unsur- unsur desain tionghoa. Misalkan dulu berkancing china, bentuk kerah yg mirip kerah shanghai. Namun dalam perkembangan berikutnya baju koko lebih identik sebagai pakaian Islami.

Desain baju koko biasanya memakai hiasan bordir ada yang horizontal dan vertikal, dan bentuknya pun bervariasi sehingga dapat disesuaikan dengan fashion masa kini yang lebih trendy. Bisa untuk santai maupun acara keislaman. Sehingga baju koko dapat dipakai oleh berbagai kalangan.

Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi bagi anda yang sedang mencari busana koko yang cocok untuk hari raya nanti.

terima kasih

ati