21 Juni 2012

Cara Merawat Kain Batik

Busana muslim akhir-akhir ini telah menjadi trend dan berkembang pesat, baik di kalangan anak muda maupun yang lebih tua adalah Batik. Koleksi batik juga tidak kalah dengan busana muslim lain yang memamerkan desain dan motif yang elegan.Kini batik hadir dengan berbagai corak dan desain yang unik dan update dan yang lebih trend saat ini,batik juga menyediakan model couple yang di desain khusus untuk memadu padankan busana dengan pasangan .

Untuk itu sebagai para penggemar busana muslim batik, perlu di ketahui batik membutuhkan perawatan khusus agar tak cepat rusak atau pudar warnanya, kita harus memahami bagaimana cara merawat dan mencuci batik tersebut, agar tetap terjaga keindahannya serta tahan lama, berikut tips mencuci dan merawat kain batik dengan baik adalah :

  1. Pada saat mencuci, gunakanlah shampoo, pertama larutkan dulu shampoo dicampur dengan air  hingga tak ada lagi bagian yang mengental setelah itu baru kain batik bisa dicelupkan. Atau bisa juga menggunakan sabun pencuci khusus untuk kain batik .
  2. Hindari penggunan mesin cuci pada saat mencuci batik, jangan menggunakan deterjen serta tidak perlu di gosok atau di sikat apabila terdapat bagian yang terkena noda atau kotor bisa mencucinya cukup dengan sabun mandi. Apabila nodanya masih membandel maka bisa menghilangkannya dengan kulit jeruk pada bagian yang kotor saja.
  3. Jemurlah di tempat yang teduh dan tanpa diperas, agar warna tidak cepat pudar Setelah kering,pada saat menyetrika,sebaiknya tidak di setrika secara langsung, sekaligus pemakaian pewangi bisa dengan melapisi batik dengan kain yang lain,ini dilakukan agar batik tidak terkena panas langsung yang bisa merubah warna keindahan batik.
  4. Langkah selanjutnya setelah selesai simpanlah batik anda di lemari,sebisa mungkin tanpa diberi zat pewangi lemari atau kapur barus, karena zat tersebut bisa merusak kain batik juga.Ini akan menjadikan batik anda tahan lama dan awet keindahannya.    
                                                         
    Baiklah,demikian tips yang kami tampilkan, semoga bisa bermanfaat bagi pembaca dan bagi yang belum mengoleksi busana muslim batik,saatnya sekarang mulai untuk mengoleksi dan merawatnya dengan baik,sebagai salah satu wujud kecintaan terhadap busana muslim dan budaya bangsa ini J.