7 Mei 2012

Tips Memilih Busana Muslim Syar'i

Perkembangan dunia mode yang luar biasa cepat dan berani perlu di terima dengan bijak, khususnya untuk busana muslimah harus lebih berhati-hati dalam pemilihannya. Banyaknya pilihan terkadang membuat kita lupa fungsi utama busana itu sendiri dan lebih mengutamakan stylish dan trendy meski ada yang menyalahi aturan. Supaya tidak menyalahi ajaran-ajaran islam ada baiknya mempelajari Tips Memilih busana muslim Syar'i yang tepat :

1. Yang terpenting dalam memilih baju muslim adalah sesuai dengan ajaran islam yakni mampu menutupi aurat secara sempurna. Sebagaimana yang kita tahu bahwa bahwa aurat wanita adalah seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan.
2. Hindari Busana muslim yang terlalu ketat. Besar kemungkinan dapat menyalahi aturan, Dalam kitab Hijab Mar’atil Muslimah, Syaikh Muhammad Al-Albani menjelaskan bahwa busana muslimah dikatakan ketat jika dapat menggambarkan bentuk anggota tubuhnya.
3. Pilih model dan bahan yang sesuai dengan aktifitas. Jika banyak beraktivitas pilihlah bahan yang menyerap keringat dan tak mudah kusut. 
4. Pilihlah penutup kepala/jilbab yang tetap menutup leher dan khimar yang mampu menutupi dada dengan baik. Hindari jilbab yang terlalu pendek dan ketat.


Tips diatas sebagian besar adalah untuk muslimin dan muslimah dewasa atau remaja, lalu bagaimanakah dengan pemilihan baju busana muslim anak yang baik dan tepat? Untuk anak-anak aturan berbusana tidak seketat orang dewasa, yang terpenting adalah kenyamanan dan keamanan. Berikut adalah cara memilih busana muslim anak:
1. Carilah baju dengan bahan kaos yang lembut. Selain lebih ringan dan tidak panas, juga mampu menyerap keringat dengan baik, sangat cocok untuk anak kecil yang aktifitasnya sangat tinggi. Dalam cuaca panas kaos tetap terasa lembut dan dingin sehingga mereka tidak merasa kegerahan.
2. Pilihlah warna busana muslim anak dengan warna kesukaan mereka. Untuk membuat anak tampil fresh dan trendy, pemilihan warna terang dan berwarna-warni sangat tepat.
3. Model baju yang agak longgar akan memberi keleluasaan bergerak, sebaiknya pilih pakaian dengan bawahan celana.

Semoga tips diatas dapat membuat anda menjadi orang tua yang lebih bijak dan dapat memberikan contoh yang baik untuk si kecil.