15 Juli 2015

Tips Berpakaian Saat Mudik

Lebaran tinggal menghitung hari, kita tahu bahwa lebaran syarat akan ‘baju baru’. Namun, baju baru di bulan Ramadhan ini seperti yg kita ketahui bahwa tidak wajib, melainkan kita harus mengenakan pakaian yang pantas untuk menyambut hari yang fitri ini. Selain pakaian yang harus kita kenakan, kita juga harus mempersiapkan hati yang bersih.

Rencana mudik ke kampung halaman pun menjadi salah satu tradisi yang kuat ketika hari raya tiba, sehingga tahun demi tahun para pemudik semakin bertambah. Tiket-tiket kendaraan habis, dan tidak dipungkiri bahwa banyak yang mudik dengan menggunakan kendaraan pribadinya seperti motor, mobil dll. Selain menyiapkan seluruh kendaraan pribadi kita, cara berpakaian pun bisa menjadi salah satu hal yang penting untuk pergi ke kampung halaman. Mau tahu tips atau cara berpakaian untuk mudik ?
  • Pilihlah model yang simple. Model yang simple juga harus yang mudah dibukanya bila diperjalanan hendak diganti. Atau bila kita hendak ke toilet. Kita tahu diperjalanan selama mudik kita harus melakukan segala sesuatu dengan cepat. Bila di toilet kita hendak buang air, baju saja sudah susah dibuka, itu jelas merepotkan.
  • Pilihlah warna yang tidak mudah kotor, warna-warna gelap atau agak gelap. Ini kadangkala di perjalanan kita tidak sempat ganti pakaian, maka pakaian yang kita kenakan harus bisa dipakai sampai tempat tujuan. Tapi perhatikan poin berikut ini.
  • Gunakan pakaian yang berbahan tidak menyerap panas. Warna hitam biasanya malah menyerap cahaya/panas sehingga malah membuat gerah.
  • Pilih juga pakaian yang tidak mudah kusut.
  • Pilih pakaian yang terasa dingin di badan.
  • Pilihlah pakaian yang ada sakunya dan aman, agar kita bisa menyimpan barang-barang yang penting seperti dompet tidak harus di tas.
  • Hindari pakaian ketat karena akan terasa menyiksa selama di perjalanan. 
Demikianlah tips atau cara berapakaian untuk mudik. Semoga diberi kelancaran dalam perjalanannya dan sampai di tujuan dengan selamat. Selamat Hari Raya Idul Fitri :)



Ernawati