24 Januari 2012

Mengamati Pergeseran Trend Busana Muslim di Tahun 2012

Tahun 2011 baru saja meninggalkan kita, dan sekarang kita sudah berada di awal 2012. Awal tahun menjadi saat yang tepat untuk mengusung perubahan, termasuk diantaranya trend busana muslim. Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar, maka bisnis busana muslim menjadi satu lahan yang luar biasa menjanjikan di Indonesia. Tak heran jika setiap tahunnya baik para perancang mode maupun perusahaan penyedia busana muslim di Indonesia selalu berlomba menawarkan trend-trend baru tiap tahunnya.

Jika tahun-tahun sebelumnya (2 tahun terakhir) trend gamis dan kaftan sangat booming dikalangan muslimah (kebanyakan terlebih dulu dipopulerkan oleh artis), maka tahun ini diprediksi trend kaftan akan jauh menurun. Sementara untuk gamis meskipun turun tapi akan tetap bisa eksis, karena ada sebagian muslimah yang memilih gamis bukan hanya sekedar ikut trend tapi karena tuntutan syariat.

Tahun ini trend busana muslim yang “diusung/disepakati” oleh kalangan perancang busana muslim adalah featuristic yang merupakan sineri dari feature, future dan rustic, yang menggabungkan unsur modernitas dan tradisional. Gaya rancangan urban dipadukan dengan bahan2 tradisioanl seperti batik remek, batik tulis/cap dan kain-kain lokal Indonesia.

Untuk mengeksplorasi kreatifitas dari muslimah sendiri, sekarang banyak ditampilkan gaya padu padan atau gaya tumpuk dalam berbusana. Mulai dari padu padan gamis, rompi, cardigan, celana kulot, celana yasmin, rok panjang, blus, jaket hingga tunik.

Gambar-gambar berikut merupakan koleksi busana muslim dari berbagai brand terkemuka yang dilaunching awal tahun ini, semoga info busana muslim ini bermanfaat.